3 Cara Unik Mempersiapkan Bekal Sekolah Anak

 

Ibu tentunya khawatir bila ibu melihat ada anak ibu yang picky eater, tidak suka sarapan, kurang minum, suka jajan makanan yang tidak sehat dan tidak aman, atau pun tidak suka makan sayur. Bagaimana cara ibu mengatasi semua masalah kesulitan makan si anak dan cara ibu menyiasati kebutuhan pemenuhan asupan gizi dan nutrisi anak-anak? Terlebih, bagaimana cara ibu memenuhi kebutuhan makan anak-anak selama mereka berada di sekolah?

Ibu bisa memulainya dengan mencari tahu cara membuat makanan untuk anak-anak ataupun cara membuat bento sederhana untuk si kecil. Lalu Ibu pun kemudian menyadari bahwa bentuk dan warna unik pada makanan biasanya menarik perhatian anak-anak sehingga membuat si kecil tertarik makan. Ini bisa jadi siasat jitu agar si kecil tidak susah makan.

 

Simaklah beberapa hal dasar berikut untuk membuat bento:

 

1. Bagi Porsi Makanan

Dengan membagi porsi makanan, akan membantu kita menyeimbangkan bahan makanan. Tahukah ibu bahwa asupan makanan bergizi bagi anak dalam isi piring makan anak sebaiknya merupakan kombinasi 50 % buah dan sayur, sedangkan 50 % sisanya terdiri atas 2/3 karbohidrat dan 1/3 protein.

2. Pertimbangkan Warna Makanan

Ketika membuat bento, pilihlah warna bahan makanan yang mencolok, namun tetap alami. Warna-warna tersebut bisa memberikan daya tarik pada si kecil.

3. Susun Makanan Serapat Mungkin

Agar lauk makanan tidak berantakan, maka susun serapat mungkin. Jadi saat dibuka pada jam makan siang, posisinya tetap sama seperti saat disusun.

Triknya seperti ini:

  • Susun makanan yang mudah berantakan terlebih dahulu.
  • Letakkan makanan yang lebih fleksibel di ruang yang tersisa.
  • Tambahkan hiasan pada makanan seperti tomat ceri, brokoli, dan lain-lain.
  • Letakkan nasi atau karbohidrat lain.
  • Lalu, masukkan protein, seperti telur, tahu, dan ayam.
  • Terakhir, baru letakkan sayuran dan buah.

 

Ibu mau membuat bekal makanan anak? Ibu bisa kok, berkreasi membuat bento yang unik dan lucu. Namun, sebelumnya Ibu harus memiliki lima alat wajib berikut ini agar tampilan bento yang dibuat semakin istimewa.

1. Cetakan Nasi

Bekal nasi akan terlihat menarik dengan aneka cetakan nasi (onigiri molds) ini. Pilih sesuai kesukaan si kecil, ya, misalnya bentuk hewan atau buah-buahan. Selain bentuknya unik, dengan cetakan ini cara makan jadi lebih praktis dan porsinya tidak terlalu banyak. Agar bentuknya sempurna, gunakan nasi yang masih panas dan pulen. Sebelum digunakan, basahi permukaan dalam cetakan dengan air. Tekan-tekan nasi panas hingga terasa padat. Sebagai variasi, bisa juga mengisinya dengan aneka isian seperti suwiran daging, abon, dan tumis sayuran. Selain menggunakan cetakan, bisa juga nasi dibentuk hingga menjadi seperti kepalan padat yang dihias dengan aneka warna bahan makanan lainnya.

2. Cetakan Telur

Alat ini berfungsi mencetak telur rebus (egg molds) menjadi berbagai bentuk yang lucu untuk menghias bento. Biasanya cetakan berukuran kecil sehingga cocok untuk telur puyuh. Letakkan telur puyuh rebus di salah satu sisi cetakan, lalu katupkan sisi sebelahnya sambil tekan perlahan. Bisa dengan menggunakan cetakan telur rebus seperti ini, ataupun dibuat telur dadar dan kemudian dibentuk.

3. Cetakan Roti

Bread cutter ini cocok untuk yang suka membawa bekal sejenis roti. Bentuknya beragam dan kita bisa memvariasikannya dengan aneka isian. Perhatikan saat menekan bread cutter agar bentuk yang dihasilkan sempurna!

4. Tusukan Makanan

Tusukan makanan atau food picks bisa menjadi hiasan lucu pada bento buatan ibu. Bentuknya sangat beragam dengan aneka warna yang disukai anak-anak. Bisa untuk menusuk aneka buah, nugget, bahkan hingga tumpukan roti lapis.

5. Kotak Bekal

Pilih tempat makan berbahan plastik dengan gambar dan warna menarik. Bisa yang bentuknya persegi, bundar hingga yang bertingkat dan bersekat. Biasanya isian bento dibuat padat memenuhi wadahnya, agar tak jadi berantakan jika dibawa berpindah tempat.

Tentunya ibu berpikir penting sekali untuk menyajikan makanan yang sehat dan bergizi demi tumbuh kembang sang anak dan segala yang terbaik bagi anak. Untuk itu, orang tua senang mempersiapkan menu makanan sehari-hari sehingga nutrisi yang dibutuhkan anak-anak sejak dini pun menjadi seimbang.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda, selamat mencoba!

Sumber:
Artikel ini dimasukkan pada .