Menjadi Indonesia

 

Buku “Menjadi Indonesia” adalah buku pelajaran bahasa Indonesia yang disajikan melalui pendekatan bercerita tentang petualangan kakak beradik Doni dan Nesia yang berkesempatan mengunjungi beberapa daerah di seluruh Indonesia.

Bacaan maupun cerita yang disajikan bersifat menyenangkan, namun kaya akan pengetahuan. Melalui cerita fiksi, fabel, lagu, puisi, dan  bacaan non fiksi, anak-anak tetap memperoleh pengetahuan, sekaligus kesenangan dalam berbahasa. Pengetahuan yang disajikan dalam buku “Menjadi Indonesia” ini khusus ditujukan agar anak-anak mengenal banyak adat istiadat, budaya, makanan khas, dan tempat wisata di berbagai daerah di Indonesia, serta tokoh-tokoh Indonesia yang menginspirasi.

Buku “Menjadi Indonesia” juga selaras dengan Kurikulum Nasional 2013. Di tahap kelas tiga sampai dengan kelas 6, anak-anak mulai dibimbing agar mampu mengidentifikasi informasi dan ide pokok dari bacaan dan materi yang didengar, menjelaskan kembali informasi serta ide pokok dari materi yang berbentuk cerita, puisi maupun bacaan nonfiksi—secara lisan maupun tertulis. Penekanan pada pembelajaran penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar diberikan melalui contoh dan latihan-latihan.  Maka pada tahap kelas III ini, buku “Menjadi Indonesia” mulai mengenalkan kebahasaan kepada anak-anak, baik tata bahasa maupun ejaan yang merujuk pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Sasaran akhir buku ini adalah agar anak-anak dapat mengutarakan ide dan pemikirannya dengan runtut dan baik, menjadi komunikator yang baik dan efektif, secara lisan maupun tertulis, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Anak-anak dapat mencintai bahasa Indonesia, lancar berbahasa Indonesia dan memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu untuk menjadi Indonesia.

Artikel ini dimasukkan pada .